Pages

Fitrah Seksualitas Day #14 (Review Buku Anak)

Rabu, 03 Oktober 2018



Karena hari ini semua kelompok sudah selesai melakukan presentasi maka di dua hari terakhir ini saya akan mereview sebuah buku bagus untuk anak-anak yang ada kaitannya dengan materi fitrah seksualitas. Buku ini berjudul Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri yang berisi 10 cerita dan tips mencegah kejahatan seksual pada Anak.

Sambil bercerita sambil berdiskusi dengan anak saya yang berusia 3 tahun. Pada cerita pertama menjelaskan mengenai perbedaan laki-laki dan perempuan yang berawal dari rasa penasaran seorang anak perempuan yang melihat kemaluan adiknya yang berjenis laki-laki saat diganti popoknya. Kenapa berbeda? Pada saya pribadi, anak saya belum pernah mengalami ini, dia tahu perbedaan laki-laki dan perempuan berdasarkan tampilan fisik luar, seperti laki-laki memakai peci dan sarung sementara perempuan memakai mukena dan kerudung, laki-laki punya kumis dan jenggot sementara perempuan tidak. Jadi dia mengetahui  perbedaannya buka  dari karena melihat kemaluan lawan jenis.

Pada cerita kedua dan ketiga hampir mirip, yaitu tentang budaya malu. Cerita kedua tentang anak laki-laki yang diajak bermain di taman kemudian ingin pipis tapi  tidak mau di toilet karena jauh. Di sini kami berdiskusi kenapa pipis harus di toilet, yang paling anak saya ingat adalah karena jorok (anak saya termasuk anak yang tidak suka kotor sedikit, basah sedikit) di sini saya menjelaskan lagi selain jorok, pipis di semak-semak itu tidak sopan karena membuka celana di depan orang yang lalu lalang.

Cerita ketiga, belum mulai saya cerita anak saya sudah bertanya kenapa dia  keluar rumah engga pakai baju saat melihat gambarnya. Kembali saya jelaskan selain tidak boleh  pipis sembarang kita juga tidak boleh berpakaian minim walaupun kegerahan (dalam cerita dijelaskan si anak tidak mau pakai baju karena udara panas). Saya jelaskan pakaian itu untuk melindungi kita, menutup aurat, jadi tidak boleh hanya pakai baju dalam.

Demikian review tiga cerita hari ini. Dilanjutkan besok yaa review cerita lain di buku ini.

Kota Mangga, Rabu 3 Oktober  2018
#fitrahseksualitas
#bundasayang
#level11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS