Pages

Gaya Belajar Anak Hari #4

Minggu, 04 Februari 2018



*Durasi video sebenarnya lebih lama tapi tidak bisa diupload 

"Bu, adik mau ambil pulpen dulu ya?", Kata anak saya siang ini, "adik mau gambar di sini ya? Boleh?" lanjutnya sambil menunjukkan kertas resi bekas. "Boleh, adik mau gambar apa?".

Percakapan berikutnya adalah saya memancing komunikasi dengan anak saya, mulai dari menggambar apa, kemudian saya tanya ini apa, kenapa memakai tali, kenapa harus ada batu. Nah, akhirnya saya mulai terbuka lagi. Saya mulai menyadari, bahwa selama ini anak saya ternyata tipe yang suka menggambar sambil bercerita (dengan pancingan obrolan dari saya). Seperti siang ini dia menggambar sambil bercerita belajar sekaligus berlogika, dia menjelaskan sedang menggambar balon, balonnya diberi tali agar bisa dipegang dan tidak terbang, ditambah batu agar tidak lepas. Hal ini dia jelaskan sesuai dengan kejadian yang dia alami, beberapa waktu yang lalu dia membeli balon, tapi kemudian balonnya terbang karena batunya dia lepas.

Akhirnya saya teringat bahwa setiap ada peristiwa yang dia alami dia senang untuk digambar dan diceritakan kembali. Seperti dari rumah eyang nya naik kereta, dia minta digambarkan kereta api kemudian dia bercerita dia lihat apa saja sambil minta digambarkan. Mungkin karena memang diusianya secara visual adalah gaya belajarnya yang paling menonjol.


Kota Mangga, Minggu 4 Februari 2018
18.00

#harike4
#tantangan10hari
#gamelevel4
#kuliahbunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS