Pages

Komunikasi Produktif Hari Kedua

Jumat, 03 November 2017





Tantangan hari ini adalah mengajarkan anak saya agar merapikan kembali mainannya setelah bermain dan belajar mengelompokkan sesuai kategorinya, yaitu perlengkapan memasak, alat kebersihan dan kedokteran, kendaraan, dan mainan lain (balok, ring, bola).
Anak saya pada dasarnya sudah tahu bahwa selesai bermain harus dikembalikan ke rak, hanya saja sering dimasukan jadi satu yang akhirnya ketika dia mau main suatu benda dia cari tidak ketemu.
"Ibu, panci adik mana?"
"Ibu, pulpen adik mana?"
Misal saya jawab "coba adik cari di rak ada ga? Tadi setelah main dibereskan tidak"
"Ibu ga ada, ilang nih" (Jawaban yang paling sering dia berikan).
Jadi hari ini saya ajak anak saya mulai dari buat kotak mainan sampai memilah sambil menjelaskan bahwa kalau selesai main harus dibereskan dan dimasukkan sesuai kategorinya.
I: Ibu
A: Anak
I: "adik, mau bantu Ibu engga? Ibu mau buat kotak mainan buat adik"
A: "mau bu, kotak mainan apa, Bu?"
I: "Jadiii...kalau habis main harus di....?"
A: "diberesin"
I: "Pinteer... Kenapa harus diberesin?"
A: "Biar rapi, ga ilang,"
I: "Nah... Jadi kalau udah selesai main nanti dimasukkan ke kardus ini, nanti dipisah-pisahin yaa... Biar gampang kalau nyari. Ga boleh apa?"
A: " Ga boleh berantakan. Nanti jorok,kotor".
Selama membuat kotak mainan dari kardus bekas obrolan seperti itu yang saya lakukan. Oh ya sekaligus menerangkan bahwa dia boleh main gunting tapi harus sama ibu karena pernah anak saya main gunting, dan rambutnya diguntingin.
I: " adik, ini apa namanya?" (Menunjukkan gunting)
A: "gunting"
I: "kalau yang ini?" (Menunjukkan selotip)
A: "selotip"
I: " adik, boleh engga main gunting sendiri?"
A: " ga boleh... Nanti bisa luka, berdarah, terus nangis"
I:" Nah jadi kalau mau gunting harus sama siapa?"
A: "sama ibu"
I: "iyaa... Karena baha...?"
A: "Ya" (baca bahaya)
Setelah kardus mainan selesai dipotong waktunya Bena tidur siang. Setelah bangun tidur baru kegiatan memilah barang sesuai kategorinya.  Sambil ngobrol dan sounding lagi tentang merapikan mainan kalau sudah selesai bermain. 
Kota Mangga, Jum'at 3 November 2017
14:30 WIB
#hari2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS