Pages

Habituasi Sejuta Cinta #3 (Sustainability)

Sabtu, 15 Februari 2020

Apa yang sudah dan akan kamu lakukan untuk mengubah pola kehidupanmu terkait social 
sustainabilty?
Kegiatan ini sebenarnya dimulai dari lingkungan RT saya yaitu mengenai pengelolaan sampah. Sayangnya kegiatan ini kemudian berhenti untuk lingkup RT. Jadi semula, setiap minggu kami menabung sampah. Sampah rumah tangga dipilah menjadi kategori sampah plastik, kertas, dan botol. Kemudian akan ditimbang dan dihitung nilainya untuk dicatat di buku tabungan. 

Meskipun kegiatan ini awalnya dari himbauan ibu RT akhirnya di rumah sekeluarga menerapkan yang saya ajarkan. Saya sediakan 3 tempat sampah, 1 sampah organik yang akan dibuang di tempat sampah besar dan akan diangkut oleh petugas kebersihan, 1 untuk sampah aneka plastik dan botol, dan 1 lagi sampah kertas dan kardus. 

Karena kegiatan menabung sampah terhenti, sementara ini akhirnya sampah-sampah plastik diberdayakan suami untuk dijadikan ecobrick. Sementara sampah kardus dan kertas bersih diberikan ke tukang rongsok. 


2. Identifikasi perilaku sosial masyarakat di daerah tempat tinggal mu, dengan acuan seperti yang disebut dalam poin 1 di materi. 
Sebenarnya ketika ada bank sampah dahulu dimulai, banyak warga yang ikut berpatisipasi, semkin banyak yang sadar untuk mengelola sampah. Sayang nya, sekarang sudah berhenti karena belum ada pengelolaannya lagi. 


3. Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik?
Sejauh ini peran saya belum banyak terlibat, hanya mengkampanyekan di lingkungan terdekat seperti suami anak dan orang tua untuk memilah sampah dan meminimalisir adanya sampah. 

Kota Udang, Sabtu 15 Februari 2020

#materi3
#empathy
#charity
#filantropi
#sustainability
#kelashabituasisejutacinta
#ibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS