Pages

Kreativitas Anak Day #12 (Mengenal Rasa dengan Bendera)

Senin, 06 Agustus 2018




Hari ini kegiatan anak saya adalah mengenal rasa, warna, dan belajar berhitung. Untuk rasa sebenarnya dia sudah cukup paham tapi belum pernah ini mencoba berbagai rasa dalam satu waktu. Untuk warna ada beberapa warna yang sering terlupa yaitu biru, ungu.

Step pertama kami membuat bendera dahulu, bahannya kertas origami, tusuk gigi, lem, gunting, dan sterofoam. Saya bagian menggunting kertas menjadi bentuk segitiga dan sterofoam untuk tempat tiang bendera, sementara anak saya memasang bendera di tiang (tusuk gigi) dan menancapkannya di sterofoam.

Kegiatan pertama setelah membuat bendera, yaitu mengenal kembali warna, mengelompokkan sesuai dengan warna yang sama baru kemudian belajar berhitung.

Setelah selesai, saya siapkan bahan untuk mengenal rasa. Saya menggunakan ice cube sebagai wadah. Sebagai rasa manis saya memakai gula, madu, dan kecap, rasa asin dengan garam dapur, garam himalaya, dan kaldu jamur, rasa pahit dari kopi dan rasa asam dari cuka. Semua bahan tadi saya tambah air. Kemudian kita sepakati memberi warna merah untuk rasa manis, kuning untuk rasa asin, hitam untuk pahit, dan biru untuk asam.

Semua berjalan lancar, kesulitan menentukan rasa pas kecap (karena saya pakai kecap rendah gula jadi manisnya tidak terasa kuat) dan rasa cuka (agak sulit menyebutkan rasa asam) serta pada awalnya yang dia sebut bahannya bukan rasanya.
Seru dan dia tampak lebih tertarik dengan kegiatan ini.

Kota Mangga, Senin 6 Agustus 2018
11.30

#Tantangan10hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#thinkcreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS