Pages

Cerdas Finansial Day #2 (Kebutuhan vs Keinginan)

Jumat, 29 Juni 2018




Memasuki hari kedua game level 8 mengenai cerdas finansial. Mulai tahun ini anak saya mulai memahami tentang apa itu uang. Meskipun masih sebatas bahwa jika kita ingin membeli sesuatu harus memakai uang, uang tidak bisa datang sendiri, melainkan dengan usaha.

Di Tahun ini bertepatan dengan suasana lebaran, anak saya mendapatkan ang Pau atau apa ya istilah yang tepat, uang dari eyang-eyangnya dan saudara-saudaranya. Dari awal dapat uang saya jelaskan bahwa ini punya adik, tapi tidak boleh langsung dihabiskan, harus ditabung. Sejak lama sebenarnya sudah saya buatkan rekening atas nama anak saya, tujuan saya untuk mengenalkan dia kelak dengan menabung, untuk praktik menabung langsung di Bank baru beberapa kali saya ajak. Jadi yang rutin saya ajarkan adalah menabung koin. Rencananya yang uang lebaran ini akan saya tabung langsung di bank dengan mengajak anak saya.

Meskipun masih agak sulit ya di usianya menentukan skala prioritas, tapi tetap saya coba ajarkan bagaimana menentukan mana yang kebutuhan mana yang keinginan. Karena beberapa kali semenjak dia merasa mempunyai uang, anak saya bilang "kan adik punya uang dari Eyang. Engga usah ditabung, adik kan pengen balon". Kalimat-kalimat itu akhir-akhir ini agak sering  saya dengar, jadi PR untuk saya menjelaskan. Bahwa dia sudah punya balon, kalau rusak ya sudah, tidak boleh setiap rusak langsung beli. Berusaha menjelaskan bahwa adik sudah punya barang tersebut atau adik tidak perlu barang tersebut.

Seperti pagi ini dia ikut saya ke warung untuk membeli telur, di etalase dia melihat ada shampoo anak yang mirip dengan miliknya meskipun merengek karena sebenarnya hanya tertarik dengan gambar di botolnya saya jelaskan bahwa shampo nya yang di rumah masih ada. "Adik kan punya uang", senjatanya muncul lagi. Tapi saya bilang "kan nanti mau ditabung, mau ke bank, nanti adik nabung sendiri ya". Alhamdulillah berhasil.

Rumah Eyang, Jum'at 28 Juni 2018
07.45

#Tantangan10hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS