Pages

Cerdas Finansial Day #1 (Konsep)

Kamis, 28 Juni 2018




Pada level 8 ini materi yang dibahas tentang finansial. Di usia anak saya yang 3 tahun menurut teori masuk pada konsep dasarnya yaitu bahwa rejeki dari Allah.

Saya pribadi mengenalkan anak konsep uang itu adalah pertama kita tidak bisa apa yang kita mau langsung kita dapat, harus menabung dulu. Hal yang paling tertanam di anak saya sejauh ini jika dia mau pergi ke rumah eyang, mau beli mainan, mau ke tempat bermain, dia harus menabung atau ibu harus bekerja untuk mendapatkan uang serta jika menginginkan sesuatu tidak bisa semuanya karena jumlah uang terbatas harus menentukan prioritas, misal dalam satu hari tidak boleh jajan lebih dari satu kali, memilih satu saja dari jenis yang sama ( mau roti A dan roti B, harus pilih satu).

Untuk konsep bahwa rejeki itu dari Allah, meskipun sudah dijelaskan ini masih belum bisa diterima dengan baik karena bentuknya abstrak. Sejauh ini pemahamannya adalah kita bekerja untuk mendapatkan uang, uang harus hemat ( ada yang untuk belanja ada pula yang ditabung), jika kita menginginkan sesuatu tidak bisa langsung dipenuhi. Baru sebatas itu yang dia benar-benar paham. Kadang malah dalam bentuk protesnya dia mengatakan "ibu, kita ambil uang aja di ATM, kan ada banyak, ga usah nabung", jadi menurutnya ATM semacam pabrik uang mungkin.

Untuk menabung sejauh ini yang dia pahami jika ada uang koin bisa langsung dimasukkan ke celengan.

Rumah Eyang, Kamis 28 Juni 2018
06.15

#Tantangan10hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS