Pages

Aliran Rasa Family Project

Jumat, 26 Januari 2018

Pada level 3 tentang Family Project ini adalah level yang bisa dibilang semua dadakan. Jika di level 1 dan 2 kemarin ada  perencanaan per hari nya (meskipun ada beberapa yang melenceng tapi secara garis besar ada plan nya).

Dari awal mulai game level 3, tantangan pertama adalah karena saya dan anak saya sedang mudik ke rumah orang tua saya, jadi yang lebih banyak terlibat dengan keluarga besar saya karena kebetulan sedang libur sekolah ada sepupu-sepupu saya yang masih TK dan SD  yang jadi teman main. Saya pun harus memutar otak kira-kira membuat Project apa yang bisa dimainkan bersama-sama sampai akhirnya bermain playdough dari tepung. Setelah sepupu-sepupu saya pulang, qadarullah saya dan anak saya sakit batuk pilek.
Karena sakit, akhirnya saya berpikir lagi membuat apa, anak saya lebih tertarik dengan hal baru yang dia langsung praktik. Akhirnya saya print, bermain mencocokkan bentuk, membuat garis, membuat kotak mainan, sampai belajar mewarnai untuk pertama kalinya.

Setelah hampir 3 minggu, sepulang dari rumah orang tua saya kami masih sakit bapil, jadi project nya masih seputar memanfaatkan barang bekas jadi miniatur rumah, celengan, sekaligus masih tentang mewarnai. Di sini anak saya semakin tertarik, setiap bangun tidur dia selalu menanyakan "kita bikin apa lagi Bu?", "Bu mewarnai lagi ga?", "Bu cat rumah ya? Kita bikin kolam". Dia pun excited menceritakan hasil karyanya pada ayahnya.
Akhirnya sekarang saya perhatikan, setiap ada barang bekas apapun dia sering bertanya "ibu, ini mau dibikin-bikin ga?" Kalau saya "dibuang tempat sampah aja ya" akan selalu ada jawaban "kenapa? Ini ga bisa dibikin-bikin ya?". Atau saat ayahnya membuang kertas-kertas bekas dia sempat protes "itu buat bikin kolam ikan, jangan dibuang-buang" karena saat membuat miniatur rumah, saya ajari membuat batu kolam dari kertas bekas resi yang digulung seperti batu tiruan.

Jujur di family Project ini adalah level paling seru, banyak tantangan, semua dadakan tapi akhir the power of kepepet itu yang akhirnya jadi muncul ide-ide. Meskipun agak kesulitan membagi waktu dan membuat laporan per hari nya.


Kota Mangga, Jum'at 26 Januari 2018
23:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS