Pages

Melatih Kemandirian Hari #5

Senin, 04 Desember 2017

Assalamu'alaykum
Senin semangat!!!

Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya, mulai hari ini akan dimulai melatih kemandirian sesi berikutnya. Masih berkaitan dengan baju, itu sesi ini, saya akan mengajarkan kemandirian tentang menyiapkan perlengkapan bajunya.

Sebagai tambahan informasi, dalam satu hari anak saya biasanya akan berganti baju sebanyak 3 kali, yaitu setelah mandi pagi, mandi sore, dan piyama sebelum tidur. Sementara kemandirian anak saya selama ini yang sudah rutin dilakukan adalah menaruk baju kotor nya di keranjang bajunya (ada dua keranjang pakaian kotor, satu untuk pakaian ayahnya yang satunya milik anak saya).

Alasan memilih aktivitas ini adalah pertama masih ada kaitannya dengan yang pertama, jika yang pertama tujuannya adalah bagaimana dia bisa merapikan baju-bajunya, kegiatan berikutnya adalah bagaimana dia menyiapkan serta tujuan saya di sini adalah menjelaskan bagaimana menentukan pakaian sesuai waktunya. Untuk ibu-ibu usia 2y ke atas pasti sudah sering mengalami namanya anak maunya pakai baju itu terus. Daaan... Saya tahu anak saya kenapa dia semangat menarik baju di lemari dan ambil baju sendiri adalah karena dia mulai saya ijinkan membuka tutup kunci lemari.


Jika selama ini sering saya tegur untuk mainan lemari, dia mulai ada akses buat melakukan itu, jadi sekalian saja saya manfaatkan untuk melatih kemandiriannya.
Oh ya, kegiatan untuk hari pertama ini dimulai dari semalam ketika dia mau tidur dan pagi. Ke depannya mungkin akan lebih fleksibel entah itu saat ganti baju pagi, sore, malam atau ketika bajunya memang harus ganti karena basah/kotor.



Tantangan nya, untuk mandi sore dan malam itu kadang ujian sendiri, karena beberapa kali saya pernah coba dia agak susah karena tidak mau mandi maunya main. Kalau pagi kebalikannya setiap bangun tidur biasanya dia sudah langsung minta "Bu..mandi Bu".



Untuk tadi malam dan pagi ini tidak ada tantangan berarti, hanya pas memilih baju dia sempat bilang "pakai baju kartun aja Bu" saya bilang "baju mei-mei aja ya? Baju kartun ini dipakai kalau apa?" , dan dia menjawab "buat pergi". Selain itu adalah mengoreksi kelengkapannya, misal seperti tadi pagi kaos dalamnya belum.

Semangat mandiri ya dik!!
____
Senin, 4 Desember 2017
08.00
#Harikelima
#Tantangan10hari
#Level2
#KuliahbunsayIIP
#MelatihKemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS