Pages

Melatih Kemandirian Hari #4

Minggu, 03 Desember 2017

Assalamu'alaykum...

Setelah beberapa hari ini mengamati perkembangan anak saya dalam melatih kemandirian, saya merasa ada yang perlu saya koreksi. Jadi saya memutuskan hari ini adalah hari terakhir anak saya belajar sesi merapikan baju.

Dari pengamatan saya, dia masih nampak kesulitan jika harus melipat celana, walaupun untuk celana pendek dia sudah bisa (melipat ala anak 2y7m). Karena itulah akhirnya standarnya saya turunkan lagi, yaitu membalikkan baju dan menaruk bajunya sendiri di lemarinya. Di sesi ini dia masih ada semangatnya. Mencoba hal baru dan dia bisa berhail.

Hari pertama belum bisa, hari kedua masih dengan bantuan, hari ketiga dia bisa dengan sedikit bantuan. Justru saya merasa dia makin terasah di bagian menaruk bajunya ke lemari, karena dia hampir selalu hanya dengan melihat saya melakukan kegiatan itu dia langsung tanggap dengan meminta ijin "ibu...boleh ga adik bantuin", "ibu..adik bawa punya adik ya".

Saya rasa masih agak sulit untuk se usianya melipat meski dengan versi anak 3 tahun kurang. Maafin ibu ya dik, sepertinya terlalu dini untuk melatih melipat. Nah yang paling sesuai ya masih seputar membalikkan celana dan menaruk bajunya.





Pagi ini saat saya selesai lipat melipat baju,tiba-tiba anak saya bilang "ibuu..lagi ngapain ibu?'' | "lagi bawa bajunya adik ? " | "Adik boleh bantuin ga?" | "Boleh dong...". Dan dia langsung semangat bawa bajunya, buka lemari, dan menaruk bajunya.

As always kalimat yang keluar setiap setelah melakukan sesuatu "Buu..bisa kan? Adik udah pintar kan?". 😆😆


Nah itulah yang akhirnya yang membuat saya sadar. Bahwa 3 hari terakhir ini sepertinya saya agak salah mengarahkan dalam melatih kemandirian. Karena tadinya patokan saya adalah cobalah hal baru yang kiranya dia memang belum bisa. 


_______
Kota Mangga, Minggu 3 Desember 2017
07.30

#Harikeempat
#Tantangan10hari
#Level2
#KuliahbunsayIIP
#Melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS