Pages

Melatih Kemandirian Hari #1

Kamis, 30 November 2017

Assalamu'alaykum
Welcome back to the blog!!

Hari ini memasuki hari pertama tantangan 10 hari game level kedua dengan Melatih Kemandirian. Dari materi tentang melatih kemandirian pada usia 1-3 tahun contohnya adalah toilet training, makan sendiri, dan berbicara jika memerlukan sesuatu.

Saat ini usia anak saya 2y7m. Karena anak saya sedang suka-suka meniru aktifitas ibunya (seperti menyapu, mencuci, memasak) saya memilih kegiatan merapikan baju yang sudah kering alias lipat melipat baju sebagai tantangan pertama.

Kemampuan anak saya sejauh ini adalah membantu membawa baju-bajunya yang sudah saya lipat sampai ke kamar/ ditaruk di atas tempat tidur (saya yang akan melanjutkan memasukan ke lemari).

Berikut check list
✅ Membawa baju kering dari jemuran ke tikar
✅Memisahkan antara baju dalam, baju tidur, baju harian, dan kerudung.
✅Melipat celana (hanya celana, pertimbangan saya lebih mudah)
✅Membawa baju ke kamar
✅Memasukan ke lemarinya sendiri




Untuk point membawa baju sudah lulus karena dia sudah sering ikut membantu. Nah tantangannya adalah bagian melipat.

Pada awalnya saya mengajarkan bagaimana melipat celana. Untuk celana pendek dia bisa karena hanya satu lipatan. Tapi untuk celana panjang belum bisa. Saya pikir ini terlalu awal akhirnya saya ganti cara membalik baju dulu sebelum dilipat, dia masih kesulitan terutama untuk kaos. Akhirnya saya turunkan lagi yaitu memisahkan baju sesuai kategorinya (baju tidur, baju pergi, baju rumah, dan celana).
Untuk memisahkan baju dia sudah bisa, dari awal dia sudah bilang "ibu ini baju buat bobo ya?" , "Ini baju adik buat main perosotan ya?" (Baju untuk pergi ).

Jadi di hari pertama yang sudah sukses adalah
✅ Memisahkan baju berdasarkan kategori
✅ Membawa baju sendiri

Kegiatan ini tidak lebih dari 10 menit karena dia sudah mulai bosan dan mulai kesal saat susah membalikkan baju 😅.

"Ibuu ga bisa-bisa...susah" katanya, hihihi it's ok.. engga apa-apa... Jadi dia lanjut main. Tapi ketika saya sudah selesai melipat semua baju dia datang lagi "ibu baju adik, adik yang bawa boleh ga?".

______
Kota Mangga, Kamis 30 November 2017
08.30 WIB


#HariPertama
#Tantangan10hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS