Pages

Komunikasi Produktif Hari Ke Sembilan

Jumat, 10 November 2017

Waaaah...ga kerasa tinggal satu hari lagi hehe tantangan 10 hari komunikasi produktif. Semoga terus konsisten sampai hari ke 17. Hwaiting💪

Oke, tantangan hari ini adalah mengajarkan anak saya belajar mengungkapkan secara detail kemauannya dan meredam emosi.

Jadi contoh kasusnya anak saya bilang "Ibu mau biskuit" ketika saya beri dia menolak "ga mau ga mau..." terus tantrum. Sebagai ibu kadang pusing ini maunya apa, mau biskuit tapi dikasih biskuit ga mau, tapi terus nangis. Hiks dia nangis mungkin karena kesal saya tidak mengerti maunya apa.

Meski belum sepenuhnya berhasil kalimat ini selalu saya terapkan
"Adik mau apa? Jangan nangis yaa.. kalau nangis ibu ga tahu maunya adik. Tetangga juga keberisikan".

"Adik mau apa? Nanti tunjuk ke ibu yaa kalau ga tau namanya"

Nah, seperti tadi malam (anak saya sejak mulai WWL agak sering tiba-tiba tengah malam bangun minta makan), setelah beberapa Minggu terakhir sudah tidak pernah bangun lagi tengah malam, semalam pukul 00.30 bangun, menangis, "ibu biskuit..." Saya pikir dia mengigau jadi saya usap-usap lagi agar tidur ternyata malah duduk dan menangis.

"Adik mau apa?"
Huhuhuhu  &&$-$-&: *masih menangis sambil bilang tidak jelas
"Coba berhenti dulu nangis nya, ibu ga ngerti..."
"Mau biskuit" (itu yang saya tangkap)
"Adik mau biskuit?" (Saya memastikan)
"Iya" (teriaknya sambil marah
"Lho kok marah? Iya ibu ambilkan biskuit"

Dan kejadian seperti sebelumnya terjadi lagi
"Engga mau ini Bu"
"Lho tadi katanya mau biskuit"

Mulai merengek-rengek lagi

"Yuk ibu gendong ya.. adik mau biskuit apa? Kita ke dapur ya"
"Mau (gendong).. itu Bu itu..."
"Ohh adik mau biskuit belvit* bukan biskuit lemon?"
"Iya"
"Adik lapar?"
"Iya"
...

Selesai makan, saya bilang "adik kalau misal pengen apa terus ibu ga ngerti, tunjuk aja, jangan nangis yaa"

_______

Kota Mangga, Jum'at 10 November 2017
17:50

#hari9
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS