Pages

Komunikasi Produktif Hari Ke Delapan

Kamis, 09 November 2017




Tantangan hari ini adalah mengajak makan anak secara dengan tertib dan sopan.

Aturan makan bagi saya adalah berdoa, makan dengan tenang dan sopan (tidak sambil main atau lihat video), berdoa, dan meletakkan piring kotor ke wastafel.

Seperti biasa, sebelum tidur malam hari sebelumnya atau pagi hari saya selalu menanyakan menu makan yang dia inginkan.

"Adik, nanti mau sarapan apa?", tanya saya pagi ini sesaat setelah dia bangun tidur.
"Mau nasi telur, Bu"
"Nasi goreng yang pakai telur atau nasi putih pakai telur ceplok?" Tanya saya lagi.
"Telur ceplok pakai kecap Bang*" jelasnya.
"Ok, sekarang siap-siap mandi dulu ya, baru sarapan"

Aturan saya sebelum makan harus sudah mandi pagi, atau minimal sudah cuci muka dan gosok gigi. Karena bagi saya itu kebiasaan ringan tapi perlu ditanamkan sejak kecil.

Setelah mandi, anak saya pun sudah siap untuk sarapan.
"Ibu, makan sendiri yah?" Pintanya
"Boleh, kalau makan harus gimana?" tanya saya
"Harus duduk dan berdoa dulu" jawabnya
"Iyaa"
"Bu, nyalain tv nya" pintanya
"Adik, nonton tv nya nanti ya, makan boleh duduk di sini tapi ga boleh nonton"
"Engga mau Bu..mau nonton"

Dan ibunya menyerah, meski anak saya tidak pernah benar-benar fokus ke TV tapi semalam dia sempat bikin saya kaget ketika tiba-tiba bilang "hi guys" saya tidak pernah mengajari. Akhirnya saya ingat dia pernah lihat di tv.

"Adik bisa ibu tinggal" tanya saya.
"Ibu mau kemana?"
"Ibu mau mandi dulu sebentar, nanti ibu selesai mandi adik juga selesai makan ya?"
"Iya, nanti habis makan main badminton ya sama ibu" jawabnya
"Ok"
"Sekarang adik berdoa dulu ya"
"Iya" (kemudian dia berdoa)

Setelah saya selesai mandi, anak saya tiba-tiba ke kamar.
"Ibu udah mandi?"
"Sudah. Adik sudah selesai makan?"
"Belum, itu ga bisa Bu"
"Engga bisa apa?"

Dia mengajak saya ke kursi dia makan. Ternyata ada bagian nasi yang di pinggir-pinggir yang dia tidak menyendok.
"Ibu suapin ya? Tinggal satu sendok"
"Iya"
Begitu selesai suapan terakhir setelah minum dan berdoa,
"Ibu ayo main badminton"
"Adik, kalau sudah selesai piringnya gimana?"
"Ditaruk wastafel, ibu aja yang bawa"
"Lhoo.. yang makan siapa tadi hayo?"
"Adik, ibu aja yang bawa"
" Adik yang bawa ibu yang temani, mau?"
"Mau, tapi gandeng Bu"
"Iya"
______
Kota Mangga, Kamis 9 November 2017
17:19

#hari8
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS