Pages

Fitrah Seksualitas Day #2 (Contoh Kasus dari Fasil)

Jumat, 21 September 2018




Pada hari tidak ada presentasi kelompok. Sebagai gantinya dari fasil kami dihadapkan pada tiga kasus yang kemudian kami diskusikan bersama.

Kasus pertama, tentang seorang anak tunggal yang kehadirannnya saat ditunggu kedua orang tuanya. Segala kebutuhannya dipenuhi dan terlalu dimanja sehingga cenderung dibebaskan sehingga tidak ada batas pergaulan ke lawan jenis

Kasus kedua, tentang anak yang orang tuanya rela mengeluarkan biaya seberapapun besarnya agar bisa sekolah di sekolah favorit dan membebankan berbagai les demi kepuasan orang tuanya.

Kasus ketiga, tentang seorang anak bungsu laki-laki yang masih SD dibesarkan dilingkungan keluarga yang baik, namun suatu hari membawa teman perempuan dan mengenalkannya sebagai pacar.

Pada kasus pertama, fitrah-fitrah anak kuranh dibangun sehingga rawan munculna cinderella syndrom. Pada kasus kedua, anak berpotensi BLAST ( Bored, Lonely, Afraid, Stress, Tired). Pada kasus ketiga perlu kebijakan orang tua dalam melakukan pendekatan.

Kasus-kasus di atas dapat menjadi gambaran bahwa ada berbagai macam pola pengasuhan yang dampaknya pun berbeda-beda yaitu pola otoriter, demokratis, dan permisif. Tantangan bagi orang tua selain bijak dalam pola pengasuha adalah mengaktifkan kefitrahan ayah bundanya sehingga fitrah anak bisa terpenuhi dan sesuai. Kehadirannya  bukan hanya sekedar ada namun juga memperhatikan, mendengarkan, sepenuh jiwa, setulus hati sehingga bisa menjadi contoh dan mitra bagi anak-anak.

Kota Mangga,  Jum'at 21 September 2018

#fitrahseksualitas
#bundasayang
#level11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS