Pages

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng Day #1 (Prepare and Story Telling about Dentist)

Jumat, 24 Agustus 2018






Memasuki level-level tahap akhir tepatnya di level 10. Materi kali ini tentang Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng. Pada level ini para ibu diminta menceritakan proses bagaimana membangun karakter anak melalui dongeng, bisa ibu atau anggota keluarga lain maupun anak kita.

Dalam kehidupan sehari-hari sebelum tantangan ini, anak saya sudah bisa bercerita sedikit-sedikit, entah itu cerita menurut imajinasinya maupun bercerita sesuai dengan isi buku yang pernah saya bacakan. Perbedaan atau mungkin tepatnya pedalaman yang sesuai dengan materi level ini menurut saya adalah menarik benang merah dari cerita atau dongengnya bukan semata alur ceritanya tapi apa yang perlu kita teladani.

Karena selama 3 hari ke depan, kami sedang di luar kota. Persiapan untuk mendongeng untuk 3 hari ke depan saya berencana tidak berdasar buku. Tapi menggunakan alat peraga papper puppet. Saya ingin mendongeng yang isinya hal-hal yang bisa untuk bahan sounding, yaitu tidak rewel di perjalanan (karena perjalanan cukup jauh 5-6 jam), tidur tanpa AC, atau pun cerita yang lain.

Hal pertama yang saya lakukan adalah seperti biasanya mengajak si kecil mempersiapkan alat pendukungnya, sambil menerangkan untuk apa. Oh ya selama ini, anak saya sudah sering bercerita menggunakan boneka-bonekanya, alur nya pun sudah bagus, kadang cerita imajinasi, kadang cerita nyata, tapi ya sesuai umurnya masih 3y4m belum detail apa yang dia ceritakan.

Percobaan di hari pertama ini saya membuat karakter Puppet Papper. Saya ajak untuk menentukan namanya. Dokter gigi Fanny yang sedang menasehati kalau tidak boleh makan coklat, permen, dan yang manis-manis karena bisa merusak gigi. 

Giriwoyo, Jum'at  24 Agustus 2018
09.50

#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayIIP
#GrabYourImagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS