Pages

Gaya Belajar Anak Hari #8

Kamis, 08 Februari 2018

Hari ini memasuki hari ke delapan, qadarullah pagi ini anak saya sakit panas dan muntah, jadi agak rewel. Cuma dia seperti biasa dia bosan kalau cuma diam, jadi untuk mengurangi kebosanannya tapi dia tetap istirahat saya ajak bermain kesukaannya yaitu tebak-tebakan.

Saya merasa dengan tebak-tebakan ini dia lebih cepat mengingat informasi, hal yang sudah bisa dia jawab adalah informasi tentang dirinya, dari nama, nama kedua orang tuanya, eyang-eyangnya, rumahnya, rumah eyang. Nah, ini saya mulai mengajarkan sambil bermain tentang silsilah keluarga terdekat.

Mohon maaf sebelumnya jika nama-namanya saya ganti untuk menjaga privacy.

Saya mulai mengenalkan, "Mamanya om Adi namanya siapa?" , "Eyang Farida tinggalnya di mana?", "Oma Maya itu bundanya siapa?". Pertanyaan-pertanyaan pancingan ini menurut saya efektif, karena seperti beberapa waktu yang lalu saat saya mudik ke rumah orang tua saya, saya kenalkan "ini eyang yang tinggal di Malang, siapa namanya dik?". Ini sangat membantu "eyang Farida ya?". Meskipun ya tidak serta merta akan selalu hafal, cara lain adalah dengan bercerita, seperti yang sebelumnya pernah saya tulis, anak saya suka bercerita sambil  menggambar, saya gambar kereta, ini mau ke Jakarta ke Jakarta kayak kalau ke rumah Tante Pita, bundanya Tante Pita namanya Oma Maya dan Eyang Hartono. Nah, cara semacam ini yang paling anak saya suka. Biasanya dia akan mengulang-ulang sendiri.

"Ibu, kalau ke Jakarta ke rumah Tante siapa? Tante Pita. Bundanya siapa? Oma Maya, ayahnya siapa? Eyang Hartono". Kalimat-kalimat seperti itu akan sering saya dengar. Itu adalah cara anak saya mengulang informasi yang dia dapat.

Kota Mangga, Kamis 8 Februari 2018
15:00

#harike8
#tantangan10hari
#gamelevel4
#kuliahbunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS