Pages

Family Project Hari #1

Kamis, 04 Januari 2018





Tantangan hari pertama family project yang penuh tantangan bagi saya. Saat ini saya dan anak saya sedang berlibur di rumah eyangnya plus sedang kurang fit, karena batuk pilek. Sudah beberapa hari ini anak saya melewati batas rule sehari-hari karena ada eyangnya yang sering ikut turun tangan.

Seperti pagi ini, tidak ada sebab yang jelas anak saya tantrum, menangis sampai hampir 1 jam, dia marah ke semua orang. Sampai akhirnya tertidur sebentar ketika saya ajak ke kamar, sementara anak saya tidur saya berpikir, mau buat apa untuk family project.
Akhirnya saya terpikir untuk membuat play dough homemade. Begitu bangun tidur, anak saya, saya ajak ke toko dekat rumah untuk membeli pewarna makanan. Kemudian saya ajak kedua adik sepupu saya yang masih TK dan SD untuk membuat playdough bersama anak saya.

Bertiga akhirnya mereka membuat playdough sendiri dengan sedikit bantuan dari saya. Dengan bahan tepung, garam, minyak, dan air, adonan diuleni kemudian diberi pewarna makanan. Kemudian mereka bermain playdough, berkreasi. Anak saya sendiri berimajinasi dia membuat beberapa jenis makanan walaupun penampilan fisik playdoughnya jauh dari aslinya.

Dari proses membuat playdough hingga bermain playdough ini, saya mencoba mengaplikasikan bagaimana melatih kecerdasan anak yang meliputi;
IQ (Intellectual Quotient)/ Kecerdasan Intelektual : mengajak anak merencanakan bermain playdough, mengajarkan proses membuatnya dan mengatasi solusi ketika adonan terlalu keras/lembek dengan berkomunikasi.
EQ (Emotional Intelleigence)/ Kecerdasan Emosional: mengajarkan anak bermain tanpa berebut dengan om dan tante nya dengan berbagi playdough, berbagi tugas saat membuat playdough
SQ (Spiritual Intelleigence)/ Kecerdasan Spiritual: Dari bermain bersama ini saya berusaha mengajarkan bahwa dengan bermain bersama tanpa berebut dan harus berbagi semua akan bahagia.
AD (Adversity Intelleigence)/ Kecerdasan Menghadapi Tantangan: Ini tantangan bagi anak saya agar mau menerima pembagian playdough (tidak berebut), mau berbagi dengan yang lain
_______
Giriwoyo, Kamis 4 Januari 2018
17.00 WIB

#tantanganhari1
#kelasbunsayiip3
#gamelevel3
#kitabisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS