Pages

Komunikasi Produktif Hari Kelima

Senin, 06 November 2017

Sampai hari keempat fokus saya masih bagaimana sounding ke anak saya, meskipun ada beberapa hal yang anak saya masih mempertahankan egonya, masih dalam taraf yang wajar. Karena dia bukan robot ya...

Hanya saja sekarang lebih memperbaiki lagi pilihan kalimat yang saya gunakan dalam menjalin komunikasi.

Sebagai contoh, ada kejadian anak saya main di sekitar sofa, sambil dia bilang "jangan yah, nanti jatuh, nangis, ibu ga mau tolongin"

Pertama kali saya dengar rasanya "deg". Ya saya beberapa kali sering bilang saat lelah dan emosi mulai masuk "jangan adik, nanti jatuh, sakit" dan namanya anak kecil yah kadang pas ibunya lengah diulangi lagi, "adik jangan dong, nanti ibu ga mau tolongin nih kalau jatuh lagi". Akhirnya saya sadar itu kalimat ada ancaman tersembunyi. Jadi catatan banget buat saya apalagi saat mendengar dia mengulang sendiri. Hiks sedih

Atau kalimat dengan ujung "nanti ibu marah lho". Saat ini sedang berusaha dengan kalimat positif misal " adik kalau main di situ nanti bisa jatuh, kalau jatuh sakit". Stop sampai di situ tanpa tambahan ancaman.

So sorry for my little princess.

Semoga Ibu bisa menjadi lebih baik ya...
_______

Kota Mangga, Senin 6 November 2017
18:03

#hari5
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS