Pages

Fitrah Seksualitas Day #4 (Review )

Minggu, 23 September 2018




Karena hari ini bertepatan dengan hari Minggu dan diterapkannya GFOS (Gadget Free For Sunday) maka hari ini tidak presentasi maupun materi dari peserta bunsay maupun fasil. Sebagai ganti GFOS, hari ini peserta bebas memberikan review berkaitan dengan fitrah seksualitas.

Pada kesempatan ini akan mereview booklet yang berjudul "Hindarkan Anak Kita dari Kejahatan Seksual". Karena pondasi utama anak adalah orang tua, maka rangkuman dari booklet ini menurut saya bagus untuk bahan.

Pertama adalah menjelaskan apa itu kejahatan seksual terhadap anak? Mulai dari menunjukkan kemaluan, membelai/meremas bagian tubuh anak, melakukan pemerkosaan.

Kedua penyebab Mengapa bencana besar ini terjadi? Kewaspadaan orang terhadap derasnya arus informasi yang berisi pornografi yang bisa dari mana saja mulai gadget, berita, sinetron, dsb. Kurangnya ketrampilan anak dalam menjaga diri dan waspaspada terhadap bujukan/ ancaman orang lain. Masih adanya anggapan atau pikiran bahwa pendidikan seks itu tabu.

Bagaimana mempersiapkan anak kita? Yang pertama adalah komunikasi dengan anak. Komunikasi untuk membantu anak memiliki kesadaran dan ketajaman perasaan terhadap apa yang mungkin terjadi kepadanya serta meningkatkan harga diri dan kepercayaan dirinya. Mengajarkan jenis sentuhan, mana yang boleh dan tidak boleh. Sehingga anak memahami konsep "tubuhku berharga,tidak boleh sembarang disentuh".

Ajarkan anak berani mengatakan "jangan",  "tidak mau" untuk melindungi dirinya jika dia merasa terancam dan yakinkan anak kita sebagai orang tua bisa berbagi rahasia sehingga mereka bisa terbuka dengan kita, yakinkan mereka akan selalu dilindungi dan dijaga oleh orang tua dan keluarga.
Membiasakan sejak kecil  mampu  mengenali dan penilaian terhadap orang di sekitarnya. 

Membedakan  antara orang asing, kenalan, teman, sahabat, dan kerabat.
Dan yang terakhir ikhtiarkan dengan doa.  Sekuat apapun kita  selalu ada  saat dimana kita lengah dan tidak mampu. Pada Allah  jua lah kita berserah diri atas keselamatan diri dan keturunan kita.

Kota Mangga, Minggu  23 September 2018

#fitrahseksualitas
#bundasayang
#level11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS